Bedanya Perdagangan Internasional dengan Pemasaran Internasional
Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Di banyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong Industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi, dan kehadiran perusahaan multinasional.
Perdagangan antar negara dapat berlangsung karena salah satu atau dua negara tersebut dapat memperoleh keuntungan di bandingkan dengan ia atau mereka sama sekali tidak berdagang. Keuntungan itulah yang menjadi landasan orang atau suatu organisasi melakukan perdagangan.
Terjadinya perdagangan internasional antar dua negara beralasan karna bedanya harga barang-barang yang diperdagangkan antar dua negara tersebut.
Pemasaran Internasional adalah kegiatan pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara. Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara. Pasar internasional melampaui ekspor pemasar dan menjadi lebih terlibat dalam lingkungan pemasaran di negara-negara tempat suatu organisasi melakukan bisnis.
Sumber :
www.wikipedia.com
Panglaykim, Jusuf. Bisnis Internasional dalam lingkungan yang Sedang Berubah, Jakarta: Sinar Harapan, 1985.
Alasan Setiap Negara Melaksanakan Bisnis Internasional
Setiap negara pasti melakukan perdagangan dengan negara lain, dan yang melakukan itu adalah individu-individu atau perusahaan di negara tersebut. Perdagangan adalah transaksi tukar-menukar yang didasarkan dengan sukarela atas kedua belah pihak yang bersangkutan. Banyak sekali yang mempengaruhi terjadinya perdagangan atau bisnis internasional, yaitu :
1.Berbedanya harga barang dagangan yang diperjualkan
Harga barang yang dijual antar negara bahkan antar daerah saja bisa berbeda-beda tergantung bagaimana negara tersebut memperoleh atau memproduksi barang dagangan nya.
2. Berbedanya dalam cara memproduksi suatu barang
Barang dagangan bisa diperoleh dengan membeli barang dagangan negara lain lalu di jualnya lagi atau bisa juga dengan negara tersebut menjadi produsen dan memproduksi barang yang dijualnya tersebut.
3. Negara tidak dapat memproduksi barang tertentu
Setiap negara pasti mempunyai faktor-faktor yang berbeda untuk memproduksi barang tertentu. Seperti iklim, tekstur tanah, lokasi negara dan lain nya. Contohnya, negara Indonesia mempunyai lokasi negara yang sangat ideal, di kelilingi oleh lautan dan menjadikan negara yang agraris sehingga negara Indonesia cocok sekali untuk berdagang di bidang pertanian.
4. Produksi barang dengan permintaan pasar tidak seimbang
Jika produksi barang lebih besar dibandingkan dengan permintaan pasar itu namanya kelebihan penawaran, jika produksi barang lebih kecil dibandingkan dengan permintaan pasar itu namanya kelebihan permintaan dan mengakibatkan kelangkaan.
5. Sumber daya manusia
Setiap negara membutuhkan sumber daya manusia yang ahli, rajin dan punya bakat untuk mengolah sumber daya alam untuk di perdagangkan ke negara lain.
6. Sumber daya alam
Setiap negara membutuhkan sumber daya alam yang berkualitas bagus sebagai bahan atau barang untuk di perdagangkan ke negaralain.
7. Perbedaan selera
Antar negara dan individu memiliki selera yang berbeda-beda dan itulah yang menyebabkan timbulnya perdagangan untuk memenuhi selera yang di butuhkan.
8. Keuntungan
Tentunya dalam transaksi berdagang bisa menimbulkan keuntungan bagi kedua belah pihak negara (pembeli dengan penjual). Pembeli bisa mendapatkan keuntungan yaitu dapat memuaskan hasrat atau selera yang dibutuhkannya. Penjual bisa mendapatkan keuntungan yaitu mendapatkan uang dari pembeli.
Itulah beberapa alasan mengapa suatu negara itu melaksanakan bisnis internasional atau berdagang antar negara. Setiap negara pasti membutuhkan negara lain untuk mempermudah kehidupan negara tersebut, karna tidak ada negara yang dapat berdiri sendiri tanpa bantuan negara lain.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Bisnis Internasional
1. Kemampuan suatu negara dalam memproduksi barang atau jasa terbatas
2. Adanya manfaat yang diperoleh dari adanya perbedaan harga
3. Adanya perbedaan faktor produksi yang dimiliki masing-masing negara, misal Indonesia memiliki banyak sumber minyak bumi tapi memerlukan tenaga ahli yang handal untuk mengambilnya
4. Perbedaan sosial budaya
5. Perbedaan selera masyarakat
6. Adanya sarana komunikasi dan transpotasi
7. Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
8. Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi
9. Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut
10. Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi
11. Adanya kesamaan selera terhadap suatu barang
12. Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain
13. Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.
Sumber :
www.gudangmateri.com
www.rumahbelajar.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar